Memenuhi Syarat Petani Akan Dapat Pupuk Subsidi Gratis

Gambar Saat Dinas Pertanian Laksanakn Rapat Tentang Pupuk Bersubsidi

SITUBONDO, (Lensakomunikasi.com)- Setelah sebelumnya ramai di media sosial perihal aksi demonstrasi kalangan mahasiswa berkenaan dengan langkanya pupuk bersubsidi di Kabupaten Situbondo. Akhirnya pemerintah Kabupaten Situbondo merealisasikan distribusi pupuk bersubsidi kepada masyarakat khususnya petani, melalui kelompok tani masing-masing. Sebagaimana diketahui beberapa waktu terakhir ini masyarakat petani di Kabupaten Situbondo sangat mengeluhkan tingginya harga pupuk yang disebabkan oleh langkanya persediaan pupuk bersubsidi di wilayah ini. Terkait hal ini, Bupati Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, M.M. mengambil langkah sigap melalui Kadis Pertanian menginstruksikan untuk menyediakan anggaran pemberian pupuk bersubsidi gratis kepada masyarakat, Selasa (30/11/2021)

Setelah banyak dikeluhkan oleh masyarakat Situbondo serta kalangan mahasiswa seputar kelangkaan pupuk subsidi bagi para petani melalui dinas pertanian dan ketahanan pangan, jadwalkan pembagian pupuk gratis bagi petani sesuai DAU (dana alokasi umum) dengan beberapa persyaratan.

Dari banyaknya keluhan petani yang kekurangan akan kelangkaan pupuk bersubsidi dengan tampa pikir panjang pemerintah daerah Situbondo menindak lanjuti dengan pembagian pupuk subsidi gratis kepada para petani dengan catatan telah terdaftar di E-RDKK  di  seluruh kecamatan yang ada yang di Situbondo.

Dalam pelaksanaannya distribusi pupuk bersubsidi gratis kepada masyarakat petani dilakukan berdasar data RDKK dan dilakukan penyalurannya secara langsung oleh bupati situbondo Bung Karna melalui seremonial penyerahan simbolik kepada beberapa ketua kelompok tani di masing-masing kecamatan (17 kec) dengan didampingi Kadis Pertanian, Camat, Kepala Desa, PPL, dan Kelompok Tani.

 Disampaikan oleh Haryadi selaku kadis pertanian dan ketahanan pangan Situbondo  “bahwa pupuk gratis tersebut nantinya akan didistribusikan kepada 646 kelompok tani yang ada di Situbondo yang nantinya sebagai penyalur ke petani”.

Berdasarkan data saat ini terdapat sebanyak 24. 563 petani yang akan mendapatkan pupuk  subsidi gratis dari pemerintah dengan kategori memiliki lahan seluas 0. 3 hektar dan terdaftar di E-RDKK.

Adapun pupuk yang didapat tersebut yakni sebanyak 1 sak urea dengan isi 50 kg.

 

(Kriz)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama