Gali Bakat Santriwati, Pengurus PPNH Selenggarakan Giat Rutinitas Khitobah

Gali Bakat Santriwati, Pengurus PPNH Selenggarakan Giat Rutinitas Khitobah
Nampak sejumlah santriwati sedang menyaksikan acara khitobah

Situbondo, smartzone.site sejumlah santri Pondok Pesantren Nurul Huda (PPNH) putri desa Peleyan kecamatan Kapongan kabupaten Situbondo selenggarakan kegiatan rutinitas berupa Khitobah. Senin malam (14/10/2019)

Kegiatan ini merupakan salah satu dari kegiatan rutinitas santriwati yang diadakan oleh pengurus putri yakni pengurus dibidang pendidikan guna untuk menggali bakat dan minat santri seperti pidato 4 bahasa (bahasa inggris, arab, indonesia dan madura), MC pembawa acara (Master of ceremony) 4 bahasa, story telling, puisi, tilawatil Qur'an, Qosidah dan lain sebagainya.

"Kegiatan ini sudah terealisasi sejak lama, Sejak saya masih menjadi siswi belum menjadi pengurus, Hanya saja tekhnisnya yang berbeda. Tapi tujuannya tetap sama yakni dalam rangka menggali dan mengembangkan bakat yang ada pada diri setiap  santri". ungkap salah satu anggota pengurus bagian pendidikan.

"Sedangkan tekhnik yang dipakai yaitu dengan menugaskan siswi di  setiap kelas untuk mempersiapkan acara khitobah yang akan ditampilkan setiap malam selasa secara bergantian. kali ini kita  juga menampilkan seni dan budaya teater sebagai penyemangat dan hiburan agar santri tidak merasa jenuh dan bosan" tambah Novilatul Mas'udah.

Disamping itu, kegiatan ini sangat berdampak positif bagi para santri, dengan tujuan antara lain Pertama, untuk menumbuhkan semangat santri dalam menggali dan mengembangkan bakat dan minat mereka. Kedua, melatih mental santri untuk berani tampil di depan publik maupun masyarakat.
Ketiga, kagiatan ini sebagai bekal untuk hidup di masyarakat kelak.
Keempat untuk menciptakan generasi  da'iah maupun konseptor acara yang siap mensyi'arkan agama islam dengan 4 bahasa tentunya. Kelima, menggali kompetensi santri yang kompetitif dan kreatif.

"Kami berusaha untuk menjadi yang terbaik pada penampilan malam ini. Karena bahasannya adalah Hari Santri Nasional sekaligus menyambut tanggal 22 Oktober 2019. Kami telah belajar dan mempersiapkannya  semaksimal mungkin Agar penampilan kali ini tidak mengecewakan instruktur kami. Ikhtiyar dan do'a telah kami lakukan dan hasilnya kami serahkan kepada Allah. Kami yakin kali ini akan dapat nilai A karena Allah Maha Pengasih lagi Maha Penyayang". ujar salah petugas khitobah.

Lebih dari itu Ketua bidang pengurus pendidikan juga menegaskan kepada semua instruktur di masing-masing kelas agar para santri/siswi dibina semaksimal mungkin sampai mereka benar-benar mahir dalam bakatnya. Mengingat salah satu santri yakni Anis Syuhada' yang telah berhasil meraih juara 1 Lomba Porseni sekabupaten Situbondo tahun 2019 bulan Agustus kemarin dalam lomba pidato bahasa inggris dan telah menjadi perwakilan dari kabupaten Situbondo menuju tingkat provinsi di Bangkalan yang akan dilaksanakan pada bulan November tahun 2019. Dan ini merupakan suatu kebanggaan bagi seluruh santri PP. Nurul Huda dan semoga kedepannya santri Nurul Huda dapat meraih juara dari berbagai lomba untuk mewakili kabupaten Situbondo ke tingkat provinsi bahkan tingkat Nasional. Tegasnya.


Penulis: SNF bws
               Restu

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama