Harga Cabai Merangkak Naik, Shofia Gendong Anaknya Memanen Cabai di Lahan Miliknya

 

Harga Cabai Merangkak Naik, Shofia Gendong Anaknya Memanen Cabai di Lahan Miliknya
Shofia perempuan asal mangaran Situbondo Sedang Memanen Cabai Rawit Miliknya di Arjasa

SITUBONDO, lensakomunikasi.com - Harga cabai merangkak naik beberapa hari terakhir ini. Semula Rp 25 ribu per kilo gram (kg), kini sudah Rp 30 ribu per kilo gram (kg). Para petani pun berlomba-lomba untuk secepatnya memanen cabainya agar bisa menikmati kenaikan harga tersebut. Bahkan, mereka sampai kesulitan untuk mencari pekerja karena waktunya bersamaan. 

Sofia, 34, warga Mangaran yang memiliki lahan di Desa Curahtatal, Kecamatan Arjasa mengaku jika dirinya kesulitan mendapatkan pekerja. Sebab, mayoritas warga serentak melakukan panen cabai miliknya. "Akhirnya terpaksa saya panen sendiri, mengingat saat ini harga cabai mulai mahal,” terangnya kepada media ini, kemarin (30/11)

Pada Minggu kedua Bulan November, kata Sofia, harga cabai masih di bawah Rp 20 ribu. Namun, saat ini harganya sudah Rp 30 ribu perkg. “Kalau cabai saya tidak segera dipanen, takut mengalami kerusakan. Soalnya kualitas cabai tidak tahan lama. Harus secepatnya dipanen untuk mengejar harga yang lumayan tinggi,” terang ibu satu anak tersebut.

Sofia mengaku sengaja tidak menunggu pekerja. Khawatir harganya turun lagi. “Tahu sendiri, harga cabai sehari naik, kadang dapat satu malam turun kembali. Semoga saja ini tetap bertahan, bahkan kalau perlu lebih mahal, biar petani riang gembira," kata Shofi.

Dia menceritakan, hasil panen awal cabai miliknya sempat terjual dengan harga sangat murah. Sekitar dua bulan kemarin, harga cabai masih Rp 5 ribu perkg. "Naik-turun harga cabai memang biasa. Saat ini mumpung lagi naik harus dikejar. Tapi melihat situasi pada saat ini musim hujan, saya rasa untuk selanjutnya harganya berpotensi besar lebih mahal. Seperti beberapa tahun lalu, harga cabai mencapai ratusan ribu perkg," papar Shofi.

Haris, 44, salah satu pedagang di pasar Mimbaan Baru, Kecamatan Panji membenarkan harga cabai mulai mengalami kenaikan. Khususnya cabai jenis rawit, apalagi yang merah. Harga cabai merangkak naik sejak malam Minggu (28/11). Sekarang masih bertengger di harga Rp 30 ribu perkg. "Insyaallah, satu Minggu ke depan, harga cabai bisa merangkak hingga Rp 40, bahkan ke depan bisa sampai Rp 50 ribu perkg," pungkas pedagang asal Kota Situbondo itu. 


Hmd


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama