Bangun Kesadaran Intelektual, Mahasiswa Prodi KPI STAINH Lakukan In House Training Jurnalistik

Bangun Kesadaran Intelektual, Mahasiswa Prodi KPI STAINH Lakukan In House Training Jurnalistik
Suasana In House Training Jurnalistik mahasiswa KPI STAINH.

Smartzone.site - Sejumlah mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (Prodi KPI) kembali menggelar pelatihan dan pendalaman "Jurnalistik" di halaman Kampus Hijau Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Huda (STAINH) Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo. Minggu (21/09/2019)

Sebagaimana pernyataan M Homaidi selaku penanggung jawab acara, giat kali ini merupakan tindak lanjut dari acara yang telah diselenggarakan kemarin (19/09/2019), dengan narasumber diskusi senior angkatan yang memiliki kompetensi di bidang jurnalistik dari semester 7 keatas seperti Restu Umia dan Siti Nur Fadila.

"Pendalaman In House Training materi tidak akan berhenti disini, melainkan acara ini akan terus terlaksana hingga mahasiswa dapat menghasilkan karya jurnalistik. Melalui hasil kesepakatan bersama giat pendalaman materi semacam ini akan dilaksanakan secara intensif dan berkelanjutan setiap minggunya," tegas Homaidi

Disamping itu turut hadir dalam kajian tersebut yakni Zainul Muttaqin Ketua BEM STAINH, dirinya memberikan apresiasi atas terselenggaranyan acara mahasiswa KPI, apalagi acara ini berawal dari kesadaran bersama dan murni diinisiasi oleh mahasiswa KPI bersama Ketua Prodi.

"Kami berharap kepada seluruh mahasiswa yang mengikuti bukan hanya sekedar hadir dan ikut. Namun semestinya ada wujud karya yang mampu menjadi aspirasi maupun ide mahasiswa minimal seminggu sekali, bahkan kami berharap kepada mahasiswa prodi KPI agar dapat mengisi Mading, Buletin maupun wadah informasi lainnya bagi mahasiswa," harap Zain

Salah satu peserta diklat Fira Amaliya juga menyampaikan, pada giat berikutnya bagaimana pihak BEM dapat menjadi jembatan komunikasi agar bisa menfasilitasi kebutuhan sarana prasarana sebagai kebutuhan praktik mahasiswa untuk lebih mudah berkarya seperti proyektor, kamera, dan fasilitas lainnya sesuai alat-alat yang diperlukan oleh prodi KPI.

"Seperti acara pelatihan kemaren dan sekarang adalah murni hasil musyawarah bersama yang direncanakan oleh mahasiswa dengan Ketua Prodi termasuk mendatangkan narasumber profesional dari luar, alhamdulillah kami bergotong royong untuk iuran" pungkasnya

Lebih dari hal di atas Ketua Prodi KPI juga memberikan dukungan penuh serta semangat atas digelarnya In House Training kali ini.

"Kalian memang bukan sedarah tetapi kalian sangat bisa bersaudara, kalian memang bukan se-angkatan namun sangat bisa bergandengan tangan, kalian memang masih beproses sebagai mahasiswa namun saya yakin akan mudah berkarya, yang diketahui kalian merupakan mahasiswa satu prodi yakni di KPI maka pastikan teguhkan komitmen dan konsistensi," katanya.

Disisi lain hadir pula Holilur Rahman selaku senior mahasiswa KPI yang sedang proses menyelesaikan tugas akhir skripsi. Ia memaparkan, sesungguhnya ketika dianalogikan dengan sebuah pertumbuhan manusia, prodi KPI bukan lagi seperti bayi yang baru dilahirkan dari pangkuan ibunya yang belum mengenal arah, tidak tahu mana yang baik dan buruk. Tetapi sudah mulai mandiri dan peka terhadap fenomena di sekitar.

"Justru kami menyadari sekian lama mahasiswa tidur dari berbagai kewajibannya maupun aktivitas ilmiahnya, Setidaknya dengan bangunya inovasi dan kreasi mahasiswa prodi KPI dapat menjadi awal serta membawa perubahan kemajuan untuk STAINH, termasuk dapat mengajak mahasiswa aktif dalam proses ilmiah lainnya seperti membaca, diskusi, dan bisa menulis sebuah karya," ujarnya

"Kemudian saya akan selalu siap berpartisipasi, mendampingi serta mendukung mahasiswa, terutama mahasiswa di prodi KPI sehingga seluruh aktifitas karyanya dapat dirasakan oleh banyak pihak baik terhadap kampus, kelembagaan, pesantren dan masyarakat secara umum," pungkas Holilurrohman sebagai senior mahasiswa KPI STAINH.

HMD KPI

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama