Pembekalan PPL dan LPM, Membentuk Mahasiswa Siap Pakai

Pembekalan PPL dan LPM, Membentuk Mahasiswa Siap Pakai
Foto bersama mahasiswa peserta PPL dan LPM dengan Dosen
Situbondo, himmahkpi.com Pembekalan peserta Praktik Pengenalan Lapangan (PPL) dan Latihan Pengabdian Masyarakat(LPM) dilakasanakan di aula kampus STAI Nurul Huda, di hadiri oleh seluruh Mahasiswa dan Mahasiswi , Dosen beserta Civitas Akademika. Senin, (20/01/2020).

Acara serimonial  menjadi pembuka sebelum pembekalan di fokuskan pada peserta PPL dan LPM, yang diisi dengan berbagai manual agenda  seperti pembacaan sholawat badar, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars STAI Nurul Huda, Sambutan-Sambutan dan terakhir ditutup dengan do'a sekaligus foto bersama. Usai acara serimonial dilewati, maka instruksi kepada peserta PPL dan LPM untuk segera memasuki ruang masing-masing sesuai dengan yang telah ditentukan oleh panitia pelaksana.

Peserta LPM dan PPL dengan hidmat mengikuti acara serimonial
Seluruh mahasiswa dan mahasiswi wajib mengikuti LPM mulai dari semester 1 hingga semester 5. Masa mengabdi mahasiswa di masyarakat berdurasi 15-20 hari. Mereka akan mengaktualisasikan ilmu yang telah di dapat di bangku perkuliahan dengan catatan tetap beretika sebagaimana mahasantri dalam bermasyarakat. Sedangkan PPL yang di domisili oleh mahasiswa semester 7, mereka akan lebih lama mendapat pengalaman di lapangan, yaitu selama kurang lebih 2 bulan.

Sesuai dengan basis LPM saat ini, Yaitu berbakti dan bersosial dengan masyarakat (Baksos), Drs. H. Kaspon, M.H mengatakan, "Mahasiswa dan mahasiswi peserta LPM di harapkan harus bisa menciptakan sebuah karya. Karena tujuan di adakannya pembekalan LPM, supaya kalian bisa menjadi mahasiswa yang berguna dan bermanfaat di masyarakat, dengan metode-metode yang akan disampaikan nantinya. Artinya, kalian harus bisa siap pakai.  Dan juga bagi seluruh peserta PPL, bagaimana kalian bisa menguasai ilmu dan bisa mempraktikkannya sesuai dengan Prodi masing-masing". Ucap Drs. H. Kaspon, M.H dalam sambutannya.

Terlepas dari itu, Zainal Arifin, M.Pd.I juga mengharap agar mahasiswa bisa menjadi suri tauladan bagi masyarakat, membantu apa yang dibutuhkan masyarakat terlebih datang ke masyarakat sebagai pendakwah, juga di kemukakan beberapa harapan terhadap peserta PPL. "Misal di Jurusan Syari'ah, bagaimana kalian bisa menguasai proses hukum di LPBH dll, yang Dakwah bisa menyiar dan berkarya tulis, dan yang di Tarbiyah mampu menjadi pengajar yang baik. Intinya seluruh peserta PPL harus kompeten di bidangnya", pungkas ketua panitia LPM.



_SNF*

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama