Salah Satu Potensi Usaha Warga Desa Kembangsari yang Ditemukan Mahasiswa STAINH

 

Salah Satu Potensi Warga Desa Kembangsari yang Ditemukan Mahasiswa STAINH
Dokumentasi saat proses pengolahan singkong bersama Mahasiswi STAINH 


Situbondo, himmahkpi. Com Di salah satu  desa dari beberapa desa yang ada di kabupaten Situbondo tepatnya di desa Kembangsari Kecamatan Jati Banteng yang merupakan desa kecil, terpencil dan juga  pegunungan ini ternyata memiliki jumlah tanaman yang melimpah ruah dari beraneka macam tumbuhan diantaranya jenis tumbuhan singkong dan tembakau. Rabu, (30/09/2020).


Banyak masyarakat sekitar yang tidak  mengetahui bahwa sebenarnya singkong ini dapat diolah menjadi beberapa macam makanan mulai dari rasa manis, asin, atau bahkan pedas misalnya kripik dengan aneka rasa, jadi seharusnya mereka tidak hanya bisa menjemur singkong sampai benar-benar kering kemudian menjualnya ke pabrik yang nantinya akan diolah menjadi tepung saja.  Seharusnya mereka bisa mengelolanya sekreatif mungkin untuk mendapatkan keuntungan yang lebih banyak. Namun masyarakat di desa tersebut masih minim akan pengetahuan tentang  pengelolahan singkong yang sebenarnya dapat menghasilkan uang melebihi penjualan ke pabrik.


Salah Satu Potensi Warga Desa Kembangsari yang Ditemukan Mahasiswa STAINH
Dokumentasi proses pengolahan tembakau


Selain itu, jenis tembakau  terbagus juga tumbuh dengan baik di desa ini bahkan jika diperjual belikan harga perkilonya bisa mencapai Rp. 100.000 atau bahkan lebih.  Masyarakatnyapun sangat antusias dalam proses pengelolaan tanaman tersebut. 
"Ya itu sangat benar, disini memang memiliki beragam tembakau dan kadang penghasilannyapun bisa sampai berjuta kali lipat". Ujar salah satu masyarakat desa Kembangsari.


"Ya beginilah kami dalam mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga kami, apapun pekerjaannya yang penting halal". Ucap petani desa kembangsari.


DMY

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama