Kokohkan Persaudaraan, Keluarga Keturunan Sesepuh ARBAENA Gelar Halal Bihalal

Kokohkan Persaudaraan, Keluarga Keturunan Sesepuh ARBAENA Gelar Halal Bihalal
Smartzone.site - Suatu upaya untuk membangun silaturrahmi sesama saudara, sejumlah keluarga besar keturunan dari sesepuh ARBAENA menggelar Halal Bihalal di Dusun Krajan, Desa Wonokoyo, Kecamatan Kapongan, Kabupaten Situbondo. Jum'at, (14/06/2019)

Sebagaimana keterangan Edy Wijoyo salah satu keturunan sesepuh ARBAENA mengatakan, pertemuan Halal Bihalal ini telah menjadi kesepakatan bersama untuk dilaksanakan dengan tujuan untuk mempererat silaturrahmi serta membangun rasa persaudaraan.

"Kegiatan semacam ini sangat penting diselenggarakan karena selain dapat membangun kedekatan emosional sesama keturunan juga dapat share informasi maupun saling berbagi cerita tentang kehidupannya masing-masing," terang edy Pria yang juga menjabat sebagai ketua panitia Pilkades Wonokoyo 2019.


Sedangkan Lis Nurjannah selaku tuan rumah acara Halal Bihalal ini menjelaskan, adapun latar belakang terlaksananya acara ini merupakan inisiasi bersama termasuk beberapa usulan dari keturunan keluarga besar sesepuh ARBAENA dengan tujuan untuk menyatukan sesama keturunan dari sesepuh yang sama agar tercipta silaturrahmi yang lebih baik.

"Sebab secara agama jika kita meneguhkan silaturrahmi maka dapat memperpanjang umur, memperoleh kemudahan rezeki dan banyak manfaat lainnya," tegasnya

Dalam sambutannya Lis Nurjannah menambahkan, selain memberikan apresiasi atas kehadiran para keluarga di kediamannya itu, juga membacakan silsilah keturunan keluarga besar sesepuh ARBAENA dari yang paling awal hingga akhir. Misalnya dari Ju' Sona, Ju' baida, K Arbaena hingga silsilah keturunan paling bawah.

"pembacaan silsilah keturunan bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada keluarga besar yang hadir maupun yang tidak hadir agar lebih tahu dan mengerti satu sama lainnya termasuk keluarga yang dari kluncing dapat hadir di acara ini," tambahnya

Disamping itu turut hadir dalam Halal Bihal kali ini Kepala Desa Wonokoyo (Subairi), Mantan Kepala Desa Wonokoyo (Beky Yurisman) beserta sejumlah keturunan dari keluarga besar keturunan ARBAENA dari beberapa dusun di desa Wonokoyo, Seletreng dan beberapa keluarga lain dari luar desa.


Hal yang berbeda juga disampaikan Taufiq Hasan selaku keturunan dari sesepuh ARBAENA. Menurutnya, acara Halal Bihalal semacam ini perlu digelar secara rutin baik setahun sekali maupun dua kali agar budaya silaturrahmi sesama saudara tetap terjalin lebih erat lagi.

"Melalui pertemuan Halal Bihalal begini, diharapkan bisa terjalin silaturrahmi baik serta tambah kokohnya persaudaraan sesama keturunan dari sesepuh ARBAENA," harapnya

Terakhir acara Halal Bihalal nampak berjalan dengan khidmat di awali dengan pembukaan, pembacaan shalawat nariyah, tahlil dan doa serta dilanjutkan dengan sambutan Kepala Desa, sambutan tuan rumah sekaligus musyawarah acara halal bihal berikutnya.

Ar Rozy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama