PPL KPI STAINH Ikuti praktik di Berbagai Media Massa, Ini Harapan Ketua Prodi

PPL KPI STAINH Ikuti praktik di Berbagai Media Massa, Ini Harapan Ketua Prodi
Dokumentasi serah terima peserta PPL di berbagai media (elektronik, cetak & online)

HimmahKPI.com - Mahasiswa Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam (Prodi KPI) Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Huda (STAINH) Kapongan Situbondo, telah usai menjalani Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di salah satu media online Ruang Aspirasi Media Group Jumat, (27/03/2020).

Sebelumnya mahasiswa PPL KPI STAINH telah berpraktik di media elektronik Radio Suara Rengganis 104,5 Fm dan Media cetak Jawa Pos Group Radar Situbondo, kemudian dilanjutkan ke media online yakni Ruangaspirasi media Group hingga tuntas.

"Kami merasa bangga dan puas dapat merasakan praktik di berbagai media massa baik elektronik, cetak dan online. Telah banyak proses pembelajaran yang didapat terutama pengalaman konkrit dalam dunia jurnalistik, termasuk harus mampu menyelesaikan tugas maupun materi praktik yang diberi oleh setiap instansi seperti di ruang aspirasi media group mempelajari bagaimana menajemen media online yang di lengkapi dengan audio visual," terang humaidi peserta PPL KPI STAINH

Ketua panitia PPL STAINH Imam Baihaqi, M.Pd.I mengapresiasi atas bukti konkrit yang dihasilkan oleh mahasiswa PPL selama berpraktik di berbagai instansi media termasuk di ruangaspirasi media group dengan berwujud audio visual.

"saya berharap tetap ada komunikasi yang intensif dengan pihak instansi berbagai media yang menjadi tempat kalian PPL termasuk kepada redaksiruang aspirasi, sehingga kalian mampu mengembangkan kreativitasnya dalam bidang media online dan audio visual," harap Imam Baihaqi

Senada dengan Ketua Prodi KPI STAINH, Fathor Rosi, M.Pd.I juga menjelaskan, PPL Mahasiswa KPI kali ini fokus berpraktik dalam dunia jurnalistik baik elektronik, cetak dan online termasuk praktik jurnalistik audio-visual.

"Alhamdulillah, seluruh instansi yang ditempati mahasiswa PPL KPI merespon baik dan dapat dijalani dengan baik, mulai dari bagaimana tekhnik penyiaran di radio, liputan, menulis berita media cetak hingga menajemen media online termasuk praktik yang berbasis video grafis atau audio visual dengan pengambilan gambar video, editing hingga melatik kompetensi komunikasi di depan camera". Ungkapnya

Lebih lanjut Rozi KPI menambahkan, tentang tindak lanjut dari praktik mahasiswa PPL KPI akan diwujudkan dengan karya nyata melalui media online berbasis audio visual yang digagas dan dikelola langsung oleh Mahasiswa Prodi KPI STAINH yakni Himmahkpi.com.

"Kalian harus mampu menunjukkan bahwa Karya itu Istimewa dan salahsatu karya yang besar manfaatnya adalah melalui media" pungkasnya

Berikutnya, Siti Nur Fadilah rekan Humaidi juga merasa senang dan bangga bisa berpraktik di berbagai media massa termasuk di media ruang aspirasi dengan berbasis audio-visual. Selain kami harus memiliki materi menarik, mencari konten unik, tampil di camera langsung, melatih retorika, editing video dan seterusnya.

 "Alhamdulillah, hasilnya cukup membanggakan meski awalnya sedikit gerogi, namun setelah dijalani akhirnya saya bisa berkarya dan tetap semangat membagikan karya saya" candanya.

SNF

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama