Keutamaan Bulan Suci Ramadan Bersama Wakil Ketua Rektor STAI Nurul Huda

Dokumentasi ketika mewawancarai narasumber Ahmad Nur M,A.

SITUBONDO, (Himmahkpi.com) - Bulan Ramadan sudah berlangsung empat hari lamanya, pada bulan ini seluruh umat muslim di berbagai penjuru dunia akan melaksanakan kewajiban berpuasa. 

Terdapat banyak sekali keutamaan di dalam Bulan Ramadan ini, banyak Hal yang dapat dilakukan agar suapaya mendapatkan tambahan pahala dan pengampunan dari segala dosa. 

Bulan Ramadan identik dengan ibadah wajib umat islam, yaitu Puasa. Karena selama Bulan Ramadan seluruh umat islam akan di wajibkan untuk berpuasa selama satu bulan penuh, kemudian diakhiri dengan Hari Raya Idul Fitri pada bulan Syawal.

Seperti yang akan dipaparkan oleh Wakil Ketua STAINH Situbondo yakni Ahmad Nur M.A., "Kalimat dari ramadan sudah ada sejak sebelum agama islam, hindu dan buddha masuk, jadi dalam catatan sejarah mengatakan bahwa masyarakat nusantara yang berada di bumi sudah terbiasa dengan istilah puasa, karena dahulu nenek moyang masyarakat nusantara sangat kental dengan keislamannya, baik dalam segi berpuasa dan riyadhoh."

Bulan Ramadan memiliki keistimewaan tersendiri, sebagaimana yang di Sabdakan oleh Nabi Muhammad SAW dalam Hadits yang artinya : "Sesungguhnya syaitan itu berada dalam tubuh anak cucu adam itu masuk melalui peredaran darah". Hadis tersebut berkaitan dengan keistimewaan berpuasa, yakni ketika kita berpuasa maka syaitan akan dipersempit ruang geraknya untuk menggoda manusia karena telah menahan lapar dan dahaga.

Ada banyak amalan-amalan yang dianjurkan untuk dilakukan di Bulan Suci Ramadan dan menjadi suatu kewajiban bagi umat muslim untuk semakin menambah kedekatan kepada Allah SWT, salah satunya seperti dengan mengkaji Al-Qur'an dengan membaca, menelaah, memahami, merenungkan dan menerjemahkannya dalam kehidupan.

"Bulan suci ramadan sangat berkaitan dengan Al-Qur'an maka dari itu amalan yang dianjurkan di bulan suci ini dengan mengkaji Al-Qur'an" Tutur Ahmad Nur.

Dari hal diatas banyak hal yang dapat dipetik untuk dijadikan pedoman hidup agar semakin menambah kecintaan dan kedekatan kita kepada Allah SWT.


Dmy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama