Penuhi Sungai Dawuhan, Wisata Milenial Garden Ramai Pengunjung

Dokumentasi salah satu monumen di wisata milenial garden
SITUBONDO, (Himmahkpi.com) - Wisata Dawuhan Milenial Garden (DMG) merupakan salah satu ke kreatifan masyarakat Dawuhan, dimana mereka memanfaatkan sungai di jl. Hasan Asegaf menjadi tempat wisata yang menarik.

Idam Ashari (55) ketua paguyuban sekaligus ketua Rt 04-Rt 02 lingkungan Krajan mengatakan awal mula berdirinya wisata DMG sejak juni 2019 yang diresmikan langsung oleh Kapolres Situbondo dan didampingi Kasat Binmas Polres Situbondo serta MUSPIKA Kecamatan Situbondo. Mendapat dukungan serta bantuan penuh atas pemuda dan masyarakat setempat. Didasari atas motivasi untuk menciptakan lingkungan yang bersih dari sampah dan limbah.

"Wisata ini berawal dari bulan juni tahun 2019 dengan motivasi bagaimana menciptakan lingungan bersih dari sampah dan limbah maka didirikanlah wisata Dawuhan Milenial Garden dengan didukung dan dibantu langsung dari para pemuda dan masyarakat setempat " Ungkap Idam. 

Ikatan pemuda dawuhan peduli lingkungan (IPADULI) ialah awal nama dari wisata DMG sebelum akhirnya ada beberapa kelompok dari Rt lainnya yaitu pemuda kreatif (FPK), pemuda kampung londo dan kelompok pemuda kerambah ikan ikut bergabung setelah setahun berjalan pada bulan juli 2020 maka dirubah menjadi kelompok sadar wisata Dawuhan Milenial Garden.

Wisata DMG dapat dijumpai tanpa tiket masuk, tempat itu akan ramai pengunjung ketika malam tiba dengan perpaduan warna-warni lampu dan beberapa monumen daerah semakin menambah ke eksotikan wisata DMG. 

Saat ini wisata DMG juga memfokuskan pada ciri khas makanan tradisional sehingga usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang bergabung sudah menjadi 22 kelompok yang setiap malam minggunya aktif berjualan. 

Disamping itu, wisata DMG dibuka 24 jam tentunya dengan protokol kesehatan yang ketat dengan disediakannya 20 titik cuci tangan, penggunaan masker pada setiap pengunjung, dan penjual makanan  demi menjaga keamanan bagi para pendatang.


Dmy

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama