Kawah Wurung, Wisata Pelepas Lelah, Eksotis Dan Anti Kantong Tipis



                                                Gambar, Pemandangan Puncak Kawah Wurung 

SITUBONDO, Lensakomunikasi.com. Cuaca mendung tidak menjadi alasan kami untuk menunda waktu menuju wisata kawah wurung,  Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Kabupaten Bondowoso. Selasa 11/01/2022

Kawah wurung adalah salah satu wisata yang berada di kota Bondowoso, dalam perjalanan yang kami tempuh mulai dari jam 09.00 dan sampai ke tujuan jam 12.45. Selama perjalanan kami melewati rindangnya pepohonan yang hijau, dengan komposisi jalan yang kami lewati tidak begitu terjal namun berliku - liku, menanjak dan menurun. Selama perjalanan pun kami disuguhi dengan pemandangan elok nan cantik yang Allah ciptakan untuk kami. Kami melihat mempesonanya gunung, persawahan, serta perkebunan  kopi warga sekitar sangat hijau dan rimbun, membuat mata kita menjadi sejuk untuk melihatnya. Selain itu, kita dapat menikmati udara yang begitu sejuk, segar, bersih saat di Perjalanan menuju kawah wurung. Akses perjalanannya pun sangat mudah hanya mengikuti jalanan menuju kawah Ijen karena memang searah dengan kawah wurung. Hanya saja kita harus meneruskan perjalanan dari pos paltuding kawah ijen menuju ke arah Bondowoso tepatnya di daerah sempol. Perjalanan menuju kawah wurung tidak membuat saya bosan, view selama perjalanan sangat memanjakan mata mulai dari memasuki hutan belantara di pegunungan ijen, perbukitan, hingga perkebunan kopi dan beberapa kebun milik warga.Setelah melewati lebatnya hutan di gunung ijen, jalanan naik dan turun kini perjalanan saya di hadapkan oleh indahnya perbukitan serta gunung raung di ujung sana kami pun berhenti sejenak tepat di pinggir jalan untuk beristirahat dikarenakan tangan sakit sekaligus menikmati panorama alam pegunungan. 

Selama 15 menit kemudian kami pun mulai melanjutkan perjalanan kembali menuju lokasi di mana kawah wurung berada. 

Ternyata ujung timur Jawa ini mempunyai banyak sekali panorama alam yang sangat mempesona bukan hanya gunung dan pantai, perbukitan pun sangat indah sekali. Selama perjalanan menuju kawah wurung tak henti-hentinya saya mengucapkan “indah sekali”  walaupun jalan dipenuhi dengan kabut, karena memang banyak sekali panorama alam yang disuguhkan di kanan dan kiri jalan.

Setelah melewati beberapa desa kita akan menemukan sebuah petunjuk arah kawah Wurung dari situ lah kita akan melewati jalanan yang beralaskan semen dan di kiri kanan terdapat pohon kopi yang tumbuh sangat subur nan hijau.Setelah melewati pepohonan kopi kita akan menjumpai satu desa lagi yaitu desa Sempol yang menjadikan desa tersebut adalah desa terakhir sebelum menuju kawah Wurung.Tidak perlu khawatir untuk kalian yang sedang ingin berkunjung di kawah wurung. Desa sempol ini masih banyak sekali penduduknya sehingga desa tersebut masih menyediakan minuman dan jajanan lainnya seperti halnya toko-toko yang kita jumpai. Namun perjalanan menuju kawah wurung tidak berhenti disitu saja. Kita harus melanjutkan perjalanan lagi dan melewati jalanan tanah yang bergelombang bercampur bebatuan kecil. 

Tidak membutuhkan waktu yang lama melewati ladang warga kita akan disuguh oleh tulisan besar bertuliskan “kawah wurung” dan gundukan tanah dengan rerumputan hijau, di puncak situlah tempat kita bisa melihat hamparan tanah yang sangat luas. Hanya Rp7000 saja per orang untuk tiket masuk sekaligus parkir kendaraan sepeda motor kita bisa puas menikmati panorama alam yang sangat indah nan memesona. 

Tidak sabar rasanya untuk bisa menikmati panorama alam yang sangat indah ini dari atas sana,  setelah parkir sepeda motor kami langsung menaiki anak tangga hanya membutuhkan 15 menit saja saya sudah sampai puncak.



Puas rasanya setelah menempuh perjalanan jauh melewati berbagai vegetasi yang ada di kawasan pegunungan Ijen. Udara sejuk dan adem membuat saya sangat betah untuk berlama-lama di sini selain sepi tempat ini pun begitu  indah bersih tidak ada sampah yang berserakan.

setelah sampai puncak,ada "pemberitahuan kepada pengunjung kawah wurung untuk menggunakan maskernya karna kabut dari kawah ijen menuju kawah wurung" sehingga para pengunjung kawah wurung berpulangan dikarenakan kedinginan dan kabut pun di puncak mulai menutupi pemandangan pemandangannya. 

Gambar, Salah Satu Pengunjung Wisata Kawah wurung


Nah, buat kalian yang sedang ingin berkunjung kesini yuk jaga kebersihan untuk tempat seindah ini dan taati peraturan yang ada di kawasan tersebut.

Kabupaten Bondowoso, menyimpan pemandangan nan indah di wilayahnya.


Imro'a Sholeha

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama