Semangat Filantropi Muda, NU Care LAZISNU Situbondo Terima Mahasiswa Magang


Dokumentasi Penyerahan Mahasiswa Magang Dari STAINH Kapongan Situbondo Ke PC NU Care LAZISNU Situbondo

Situbondo, lensakomunikasi.com, Kampus Sekolah Tinggi Agama Islam Nurul Huda (STAINH) Kapongan bekerjasama dengan pengurus cabang (PC) NU Care Lembaga Amil Zakat Infaq Shodaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Situbondo dalam pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) Mahasiswa Program Studi (Prodi) Hukum Ekonomi Syariah (HES)/ Muamalah.

Praktek pengalaman lapangan (PPL) Mahasiswa STAINH dilaksanakan dari tanggal 6 s/d 12 Maret 2022 yang berjumlah 13 mahasiswa. Dalam penyerahan Mahasiswa di kantor LAZISNU selain diterima langsung oleh ketua LAZISNU turut hadir juga ketua Tanfidziyah PCNU Situbondo KH. Dr. Muhyiddin Khatib, M.HI. 

"Dana Zakat Infaq dan Shodaqah ini terkadang masih banyak yang belum paham betul, sehingga perlu dikaji kembali secara komprehensif agar pengelola atau Amil benar benar bisa memfilter mana dana Zakat, Infaq dan Shodaqah, lebih-lebih manajemennya sudah bersifat produktif bukan hanya konsumtif" Pungkasnya dalam sambutan ketua Tanfidziyah.

Selain mahasiswa menambah ilmu pengetahuan serta pengalaman diharap dengan kegiatan seperti ini, mahasiswa dapat mensosialisasikan dan juga menjadi tim penggerak Amil lebih lebih ikut serta menjadi anggota UPZIS (Unit Pengelola Zakat Infaq dan Shodaqah) setempat dan membentuk JPZIS (Jaringan Pengelola Zakat Infaq Shodaqah) di rumah masing-masing. Terang Bpk. Rusdiyanto ketua LAZISNU.

Ketua Program Studi Hukum Ekonomi Syariah (HES) STAINH menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan awal kerjasama yang akan terus berkesinambungan berlanjut. "Karena mahasiswa sudah waktunya untuk berfikir "out of the box" yaitu berupaya untuk meningkatkan produktifitas lebih lebih dirana pemberdayaan ekonomi umat yang merupakan LAZISNU menjadi salah satu stakeholder" Ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun lensakomunikasi.com bahwa Selama satu minggu mahasiswa PPL diberi materi diantaranya : pertama, Nahdlatul Ulama dan Pemberdayaan Ekonomi Umat dengan pemateri Bpk. Andri Wibisono, S.H, M.Si (Kedua BAPENU). Kedua Manajemen LAZISNU pemateri Rusdianto, S.Pd., Or., M.Pd (Ketua LAZISNU Situbondo). Ketiga Rekontruksi Fiqh Zakat pemateri Dr. KH. Muhyiddin Khotib, M.HI (Ketua PCNU Situbondo). Keempat, Fundrasing pemateri KH. Hamimullah (Penasehat LAZISNU), Kelima Pengembangan Perekonomian pemateri H. Moch. Birrul Alim (Koord. Pengembangan Ekonomi LAZISNU). Keenam, Harakah NU terhadap Kesehatan Masyarakat pemateri drg. Vita Damayanti (Pengelola Klinik NU Binjas Situbondo).

Selain mendapatkan materi mahasiswa juga diajak praktek langsung. " Kalian di kampus sudah gemuk dengan teori jadi sekarang butuh banyak praktek" kata Kiai Hamim disela sela memberikan wejangan ke mahasiswa. 

Mahasiswa diberi skil praktek pembuatan Odeng, yang merupakan produk LAZISNU. dan praktek perawatan sayur dengan sistem Hidropenik yang bertempat di green house HIPSI mitra LAZISNU. Tak hanya itu mahasiswa juga dibekali pengobatan ala "Tibbun Nabawi" yang langsung dibina oleh terapis bekam H. Alim. 

Syamsuri selaku koordinator peserta PPL mengatakan " PPL kali ini Sangat mengasah skil terbukti setiap mahasiswa sudah mampu membuat keterampilan Odeng dan lainnya" tegasnya.

"Dengan waktu yang sangat singkat ini, semoga bermanfaat dan ini menjadi wasilah mahasiswa menjadi Harakah filantropi Situbondo" pungkas H. Faiz sekjen LAZISNU dalam acara penarikan peserta PPL.


H.Faiz/Roz

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama