Berawal dari Hobi, Pemuda Wonokoyo Sukses Ternak Naga Jenggot

Situbondo,lensakomunikasi.com-Faisal Amir, warga Dusun Patek, Desa Wonokoyo, Kecamatan Kapongan, sukses beternak hewan Naga Jenggot. Tak tanggung-tanggung, harga per ekor hewan reptil itu bisa laku Rp 6 juta.

Faisal Amir yang berprofesi sebagai guru mengatakan, tidak muda memelihara hewan seperti itu. Ada beberapa kendala yang harus dilewati, dari perkembangan hewan yang lambat, suhu udara yang tidak stabil, sehingga mengakibatkan kematian kepada naga jenggot.



Amir, 31, warga Dusun Patek, Desa Wonokoyo, Kecamatan Kapongan membersihkan kotoran hewan di kandang miliknya, kemarin (19/02).


"Layaknya makhluk hidup lainya, kadal pun memerlukan perawatan yang gampang-gampang susah. Misalnya, harus dijemur setiap pagi dan menyesuaikan suhu ruangan dengan kondisi tubuhnya", ungkap Faisal saat di temui di rumahnya, kemarin (21/2).

Berkata ketelatanan yang dilakukan bapak dua anak itu, saat ini  sudah ada puluhan naga jenggot atau bearded dragon yang siap diperjual belikan. 

"Setiap anakan saya jual Rp 600 ribu sampai Rp 6 juta per satu ekornya. Setiap bertelur bisa sampai 30 ekor, sepasang naga jenggot ini bisa bertelur sampai 3 kali dalam setahun atau sekali dalam periode kawin. Kalau sekali bertelur saja ini sudah bisa balik modal" katanya.

Faisal mengatakan, ketertarikan dan hobi memelihara reptil sudah dilakukan sejak 2020. Lambat laun, dia mulai tertarik untuk mengubah hobinya agar bisa menghasilkan rupiah.

“Harga yang dibandrol pun beragam. Setiap ekor anakan,  dijual mulai Rp 600 ribu sampai Rp 6 juta,” tutup Faisal. (wil)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama