Sejenis Kudapan Ringan Dari Beras Ketan

Situbondo, lensakomunikasi.com Rengginang Makanan yang terbuat dari nasi atau ketan, menjadikan cemilan yang beragam variasi rasa. Hal ini di lakukan oleh Yuyun (36), ia juga berperan sebagai ibu rumah tangga, desa Gelung tengah kec. Penarokan kab. Situbondo, kemaren (9/2)


Dokumentasi ibu - ibu sedang mengemas rengginang 

Menurut keterangan salah satu karyawan, essuh ( 53 ) usaha rengginang ini sudah berdiri sejak tahun 2012, rengginang ini menjadi pencarian ekonomi masyarakat sini. Karena tempat tinggal kami dekat dengan laut, kami juga memanfaatkan ikan laut dan cumi. 


Ia mengimbuhkan pada hari - hari biasa permintaan rengginang ini sudah banyak. menjelang lebaran pun permintaan rengginang ini semakin tinggi, biasanya kami mengirim ke luar Situbondo seperti Bali, Jember, Probolinggo, Madura, Surabaya dan malang. 


Lantaran, cuaca hari ini menjadi kendala, butuh beberapa hari untuk mengeringkan rengginang, salah satunya dengan cara di keringkan dengan menggunakan kipas angin, akan tetapi dampak dari itu dapat mengubah kepada rasa dan juga gurihnya. 


"Kala itu awal mula usaha dengan bermodalkan 2 jutaan, sekitaran 5kg an dan bermacam variasi rasa, ada rasa ikan, udang, cumi, terasi, bawang. Pengemasan rengginang ini kita menggunakan kantong plastik. Per Bungkusnya 13 ribu." ujar Yuyun pemilik bisnis rengginang. 


Ia juga menambahkan, pemasaran awal mengandalkan warung ke warung, seiring berjalannya waktu peminat rengginang Yuyun ini semakin hari semakin meningkat sampai ke luar kota Situbondo.



Faiz

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama