Berharap Lelah Menjadi Lillah

PPNH
Santriwati PPNH melaksanakan pembacaan sholawat

Smartzone.site - Sekitar pukul 06:10 WIB, sejumlah santriwati dan pengurus Pondok Pesantren Nurul Huda (PPNH) Desa Peleyan, Kecamatan, Kabupaten Situbondo melangsungkan pembacaan shalawat Alfa-Alfi karangan syaikh imam Junaid Al-Baghdadi r.a di Mushalla PPNH putri. Jum'at, (01/02/2019)

Kegiatan ini merupakan rutinitas santri PPNH yang dibaca setiap 1 minggu sekali yakni pada hari jum'at, yang juga menjadi tradisi di kalangan masyarakat umum, para muslimat, khususnya yang dihadiri langsung oleh pengasuh.

Kegiatan ini dilakukan secara anjangsana ke setiap rumah jama'ah di masing-masing desa terkait. Setiap satu bulan sekali, yakni pada tanggal 15 (pertengahan bulan). Dimana, seluruh jama'ah dari beberapa desa dikumpulkan menjadi satu untuk membaca shalawat bersama yang disebut dengan shalawat kubro, dalam hal ini jam'iyah hadroh Fathimiyah PPNH juga hadir meramaikan sholawat tersebut dan  seluruh jama'ah diwajibkan hadir dengan memakai pakaian berwarna putih yang diidentikkan dengan bersih dan suci.

Menurut pendapat salah satu santriwati PPNH mengatakan, tidak jarang kegiatan ini selalu ramai. Hal ini dikarenakan antusiasme masyarakat yang tinggi untuk mengharap barokah.

"Meskipun kegiatan full namun saya tak pernah meninggalkan rutinitas yang satu ini. Sebab banyak faedah yang telah saya raih, salah satu diantaranya adalah lisan ingin terus membaca shalawat selama satu minggu penuh. Sebab hari jum'at adalah cerminan dari hari-hari yang lain," ucap Sri Wardani.

Diantara beberapa faedah membaca shalawat ini adalah :
1. Mempermudah rezeki
2. Dapat menyembuhkan penyakit
3. Bertambahnya rasa cinta pada nabi Muhammad SAW dan masih banyak lagi yang lainnya.

Itulah alasan mengapa shalawat ini dibaca secara istiqomah.

Penulis : Restu Umia
Mahasiswi Magang STAINH

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama