Soal Program KUBE 2020 Desa Ketowan, Diduga Ada Kongkalikong oleh Oknum Perangkat Desa

Dokumentasi Monitoring oleh Ketum Lembaga Perkasa ke Lokasi di Desa Ketowan untuk Melihat Kondisi Kambing dari Program KUBE 2020
Dokumentasi Monitoring oleh Ketum Lembaga Perkasa ke Lokasi di Desa Ketowan untuk Melihat Kondisi Kambing dari Program KUBE 2020
Situbondo, Himmahkpi.com Keberadaan program dana bantuan sosial Kelompok Usaha Bersama (KUBE) merupakan program bantuan yang dikucurkan pemerintah, Akhirnya ditengarai ada pemangkasan oleh oknum perangkat desa Ketowan Kecamatan Arjasa.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun oleh anggota Lembaga Pergerakan bahwa kronologisnya berawal dari pengaduan warga desa setempat tentang dugaan adanya patgulipat sejumlah oknum dalam program KUBE dimaksud. Sehingga pihak lembaga yang mengatasnamakan Perkasa (Pergerakan Kesejahteraan Anak Bangsa) turun ke lokasi untuk mengumpulkan data dan bukti konkritnya. Selasa, (11/08/2020).

Saat menjumpai warga sekaligus beberapa kelompok penerima bantuan KUBE, Moh. Sadik selaku ketum Perkasa menanyakan kebenaran dan menggali data terkait dugaan adanya kongkalikong dari bantuan program pemerintah dalam hal ini Kementrian Sosial.

"Ternyata sejumlah kelompok penerima KUBE membenarkan bahwa dugaan adanya pemangkasan oleh oknum perangkat desa ketowan yang berinisial (S)". Terangnya

Selain itu data sementara diketahui khusus di desa ketowan kurang lebih sebanyak 19 kelompok penerima (KUBE) dan setiap kelompok terdiri dari 10 orang lalu masing-masing kelompok dikabarkan akan memperoleh nominal uang Rp. 20.000.000 (Dua puluh juta Rupiah), Tambah Ketum Perkasa.

Hal berbeda di ungkapkan oleh salah satu ketua kelompok kepada Ketum PERKASA dan awak media tentang prosesnya waktu pengambilan uang disalahsatu Bank yang berlokasi di Asembagus. Pada waktu pencairan didampingi langsung oleh perangkat Desa ketowan, pasalnya para kelompok mengakui telah menerima uang dengan utuh sebesar Rp. 20.000.000 (dua puluh jutah) tapi saya heran karena uang tersebut langsung di minta oleh oknum perangkat desa berinisial (S) tadi, Ungkap ketua kelompok kepada Ketum Perkasa.

Disamping itu M. Sadik Usai mengumpulkan sejumlah data, dokumentasi dan beberapa keterangan ketua kelompok beserta anggota penerima, mereka sebagian penerima memberikan surat pernyataan dan pengaduan terkait dugaan adanya patgulipat dalam program KUBE tahun 2020 di desanya.

"Sebagai Ketum Perkasa menegaskan akan mengawal dugaan kasus ini supaya uang yang diduga telah di ambil oleh oknum perangkat Desa ketowan inisial (S) maupun oknum pihak lainnya dapat dikembalikan kepada yang berhak penerima dan oknum-oknum yang terlibat wajib bertanggung jawab atas perbuatanya, kami berencana pula akan mengadukan dugaan kasus ini ke pemerintah baik Kementrian Sosial, Dinas Sosial maupun pihak berwenang lainnya ujar, Bang Sadik. 

Lebih lanjut ketua kelompok menambahkan  keberadaan uang yang telah dicairkan lalu diberikan ke saya dan bendahara kelompok, kami menerima uang dari oknum perangkat Desa sebesar Rp.1.850.000 (satu juta delapan ratus lima puluh ribu) dan uang tersebut di belikan kambing 2 ekor dan sedangkan khusus yang anggota juga 2 ekor besar kecilnya tidak sama karena bukan saya yang beli kambing tersebut tetapi ditengarai oknum perangkat Desa inisial (S) dan dinilai juga ada oknum lainnya yang terlibat.


Pur

Kontributor Media himmahkpi.com Wilayah Tengah Situbondo

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama