Kreatifitas Kaum Hawa Dalam Menunjang Perekonomian Keluarga di Era Pandemi

 

Kreatifitas Kaum Hawa Dalam Menunjang Perekonomian Keluarga di Era Pandemi
Nampak ibu rumah tangga desa Jangkar sedang berkreasi dengan merajut benang guna membantu perekonomian keluarga 


Situbondo, himmahkpi.com - Di tengah pandemi saat ini, banyak masyarakat merasa semakin merosotnya tingkat perekonomian dalam keluarga. Hal tersebut juga telah menimpa masyarakat desa Jangkar. Namun, penduduk desa tersebut tidak kehabisan cara untuk terus melakukan usaha, khususnya dikalangan kaum hawa. Mereka melakukan suatu upaya untuk dapat  menunjang rantai perekonomian keluarga.


Beberapa upaya yang dilakukan, diantaranya adalah merajut benang untuk di jadikan hiasan foto, taplak meja  ataupun hiasan lainnya. Yang mana benang-benang tersebut dikirim langsung dari Bali dan diserahkan kepada yang mengetahui ilmu merajut benang di desa tersebut, kemudian di salurkan kepada orang-orang yang berpengalaman dan hasilnya dikumpulkan kepada ketua dan dikirim lagi ke Bali. Sedampainya disana, benang yang sudah dirajut tidak langsung dijual melainkan dimodivikasi kembali untuk menjadi sebuah hiasan yang elok dipandang, sehingga dapat menarik minat konsumen untuk membelinya. Ahad, [19/09].


Kreatifitas Kaum Hawa Dalam Menunjang Perekonomian Keluarga di Era Pandemi
Foto Istimewa : Hasil rajutan benang


Hal tersebut dilakukan karena krisisnya ekonomi yang diakibatkan oleh dampak adanya pandemi covid 19 yang tak kunjung berakhir.

Sebagaimana yang dituturkan oleh salah satu penduduk desa Jangkar yang bernama ibu Halizah " Jika kita tidak melakukan apa-apa atau hanya menunggu uang dari suami itu tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan Keluarga di era pandemi seperti saat ini. Maka dari itu kita melakukan suatu upaya untuk membantu kritisnya ekonomi keluarga dengan cara merajut benang tersebut". Jelasnya.


Ibu Halimah juga menyanggah " Apalagi kerjaan ini enak, kerjanya tidak berat dapat dilakukan hanya dengan duduk sambil berbincang-bincang satu sama lain, sehingga tidak akan terasa capeknya jika dilakukan seperti itu". 


Begitulah upaya kaum hawa dalam mengambil suatu tindakan guna membantu meningkatkan ekonomi keluarga. Selain cerdik, sabar, telaten dan juga tidak mudah mengeluh dalam melakukan perannya sebagai istri/ibu rumah tangga yang baik untuk masa depan keluarganya.


Charmink

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama