Wisata KK26 Menurun Sejak Pandemi Covid-19

Wisata KK26 Tampak Dari Luar

SITUBONDO,LensaKomunikasi.com Wisata KK26 Menurun Sejak Pandemi Covid-19 Desa Olean Kecamatan Situbondo. Sebagai salah satu sumber pendapatan daerah pariwisata merupakan salah satu sektor yang sangat penting dan perlu dikembangkan sebagai penghasil multiflier effect bagi perekonomian suatu daerah kabupaten atau kota lainnya.

Kabupaten Situbondo hingga saat ini secara serius dan berkelanjutan telah berupaya meningkatkan nilai tambah objek-objek wisata yang dimilikinya yang salah satunya adalah objek wisata budaya KK26 yang berada di Desa Olean Kecamatan Situbondo.

Objek wisata KK26 ini mulai diinisiasi dan dimotori pendiriannya oleh Pemerintah Desa Olean bersama masyarakat setempat pada tahun 2016 dan dalam perkembangannya hingga tahun 2019 objek wisata ini berhasil menduduki sebagai objek wisata andalan Ketiga di Kabupaten Situbondo setelah Pasir Putih dan taman nasional Baluran.

Sehingga selanjutnya, banyak diminati masyarakat baik lokal maupun wisatawan domestik dari daerah lainnya namun sayang sejak merebaknya pandemi covid19 dengan kebijakan PSPB yang diterapkan pemerintah maka semakin berkurang potensi kunjungan wisata masyarakat pada objek wisata ini Selasa (15/03/2022).

Wisata KK26 merupakan tujuan wisata yang memiliki karakteristik unik karena samping menjual objek taman bunga hidroponik juga menjual budaya masyarakat di mana konon jumlah kepala keluarga di wilayah Dusun Karang Kenik tersebut tidak boleh atau tidak bisa melebihi dari jumlah 26 Kepala Keluarga.

Berdasarkan cerita para sesepuh Dusun Karang Kenik diketahui bahwa jika terdapat penambahan 1 kepala keluarga di dusunnya menjadi lebih dari 26 keluarga maka secara alamiyah akan terjadi proses penyesuaian kembali jumlah kepala keluarga tersebut menjadi 26 kepala keluarga bisa jadi karena ada yang meninggal atau ada kepala keluarga yang pindah ke dusun lain.

Pemerintah Desa Olean dan pihak pengelola objek wisata KK26 berharap kedepannya objek wisata ini dapat menjadi wisata terbaik di tingkat nasional dan mampu memberikan kontribusi pendapatan yang signifikan terhadap pemerintah Desa menuju Kabupaten.

Dalam kesempatan lain Bu Yeni selaku pengelola wisata Taman Hidroponik di KK26 menyatakan bahwa pada tahun 2023 ada rencana objek wisata KK26 akan menjadi tuan rumah dalam acara penanganan Tahun Wisata Kabupaten Situbondo Tahun 20023.

Oleh karena itu dia berharap pemerintah Desa maupun segenap unsur pengelola usaha wisata KK26 agar tetap optimis dalam pengembangan wisata KK26 di masa-masa yang akan datang


Fitriyah

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama