Jaga Kesehatan, Peserta KKN STAINH Bersama Ibu PKK Bedugul Bali Selenggarakan Senam Sehat


Dokumentasi Senam Lansia Bersama Ibu PKK

BALI,lensakomunikasi.com - Senam lansia yang diadakan peserta KKN  beserta ibu-  ibu PKK ( Pemberdayaan kesejahteraan keluarga )  Bedugul - Bali, senin (12/9/22 ). Senam ini bertujuan untuk proses pengisian energi pembuluh dara dan akan membantu tubuh agar tetap bugar dan tetap segar karena melatih tulang tetap kuat, mendorong jantung bekerja optimal dan membantu menghilangkan radikal bebas yang berkeliaran di dalam tubuh.

"Kelihatannya seperti pelan sebetulnya lebih susah dari erobik,  zumba karena senam ini  mengatur pernafasan . Biasanya ketika kita bernafas mengecilkan perut tetapi ini sebaliknya, membesarkan perut ketika hitungan satu  hitungan kedua kita hembuskan nafas dari hidung" tutur dari  ketua PKK ibu siti masfufah.

Senam lansia disamping memiliki dampak positif terhadap peningkatan fungsi organ tubuh juga berpengaruh dalam meningkatkan imunitas dalam tubuh manusia setelah latihan teratur. Tingkat kebugaran dievaluasi dengan mengawasi kecepatan deguk  jantung waktu istirahat yaitu kecepatan denyut nadi sewaktu istirahat. 

Senam lansia merupakan olahraga yang cocok bagi lansia karena gerakan di dalamnya menghindari gerakan  melompat, kaki menyilang, maju mundur, menyentak-sentak namun masih dapat memacu kerja jantung-paru dengan intensitas sedang, bersifat menyeluruh dengan gerakan yang melibatkan sebagian besar otot tubuh, serasi sesuai gerak sehari-hari dan mengandung gerakan-gerakan melawan beban badan dengan pemberian beban antara bagian kanan dan kiri tubuh secara seimbang.


Faiz 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama