Bentuk Pengabdian dan Perjuangan, PAC GP ANSOR Jangkar Peringati HUT RI di Puncak Dusun Tol-Tol Desa Sopet

Bentuk Pengabdian dan Perjuangan, PAC GP ANSOR Jangkar Peringati HUT RI di Puncak Dusun Tol-Tol Desa Sopet
Suasana upacara pengibaran bendera pusaka merah putih oleh PAC GP Ansor Jangkar di puncak Bukit dusun tol tol desa sopet Jangkar

Situbondo, himmahkpi.com Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75, Pengurus Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PAC GP Ansor) Kecamatan Jangkar Selenggarakan Upacara pengibaran bendera merah putih di Puncak bukit, Senin, (17/08/2020).

Giat upacara kali ini tampak berbeda sebab bertempat di bukit dusun toltol desa Sopet. Turut hadir dengan antusias dalam giat tersebut antara lain PAC Ansor dan Banser serta hadir pula perwakilan pemerintah desa yakni sejumlah Kepala Dusun, Sekdes terutama dukungan dari Kepala desa Sopet H. Ismail terhadap kegiatan pemuda Ansor Jangkar yang dilaksanakan sekitar pukul 14.30 WIB itu.

Pasalnya perjalanan menuju lokasi membutuhkan tenaga yang ekstra untuk sampai. Matahari menjadi saksi dalam pendakian sahabat Ansor dan Banser jangkar untuk mencapai ke puncak lokasi upacara pengibaran bendera.

Miftahul Arifin selaku PAC GP Ansor Jangkar mengatakan kegiatan ini sengaja ditempatkan di Dusun Toltol puncak karena ada nilai perjuangan yang terkandung dalam perjalanannya, selain itu bertujuan untuk sedikit merasakan totalitas perjuangan yang butuh pengorbanan besar.
"Menjaga kemerdekaan indonesia dibutuhkan loyalitas tinggi termasuk menggerakkan langkah untuk melanjutkan estafet perjuangan para pahlawan maupun Ulama terdahulu kita. Giat PAC ansor ini memperoleh dukungan dari banyak pihak sehingga menjadi tanda bahwa kekompakan menunjukkan kebersamaan satu kesatuan yang tak terpisahkan", Terang Miftah.

Bentuk Pengabdian dan Perjuangan, PAC GP ANSOR Jangkar Peringati HUT RI di Puncak Dusun Tol-Tol Desa Sopet
Dokumentasi usai upacara pengibaran bendera memperingati HUT RI Ke 75

Disamping itu menurut sekretaris Desa Sopet bahwa pemerintah desa mengapresiasi dan bangga atas ide pengibaran bendera merah putih ini, tampak para kader Ansor dan Banser merasa senang atas kegiatan ini. "Seandainya kegiatan ini dipersiapkan jauh hari sebelumnya maka akan tambah menarik dan bahkan bisa lebih ramai dan bisa diikuti oleh sebagian masyarakat setempat", Ujarnya.

Lebih lanjut Ibnu Hajar Ketua PAC GP Ansor Menerangkan tentang nilai-nilai kemerdekaan bahwa merawat dan melestarikan bumi nusantara telah diamanahkan oleh para Muassis NU kepada kita semua khususnya kepada kader pemuda NU.
"Dengan Ikut menjaga Indonesia ini supaya bisa dinikmati oleh generasi selanjutnya terutama anak cucu kita. Kemudian memastikan bahwa sang merah putih harus terus berkibar dibumi Pertiwi karena NKRI adalah Harga Mati bagi kita" pungkas Ibnu Ketum Pemuda Ansor Jangkar.

Di tempat berbeda Kepala Desa Sopet H. Ismail mengharapkan Semoga antara Pemuda Ansor dan Banser dapat bersinergi dengan pemerintah Desa, terutama dalam membentengi para umara', juga membantu desa untuk mengentaskan keterbelakangan serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di desa sehingga terwujud masyarakat yang mandiri dan sejahtera.
"Misalnya pengurus ranting di Desa se kecamatan Jangkar mampu mengajak pemuda untuk berkreasi sebab Ansor ini merupakan kumpulan para pemuda yang tangguh, sebagai kepala desa berharap banyak kepada pemuda desa yang bisa aktif di organisasi Ansor ini", Harap Kades.

Sebagaimana informasi yang dihimpun media himmahkpi.com tentang upacara kali ini sebagai bentuk sosialiasi dan dakwah kepada masyarakat akan pentingnya cinta tanah air, mengingat pesan-pesan kemerdekaan akan perjuangan dan pengorbanan para pahlawan dan para ulama' serta menjaga negara ini dari pihak-pihak yang saat ini ingin mengadu domba masyarakat atau mengganggu kedaulatan NKRI.

Sebagai pemuda Ansor NU Miftah Arifin menegaskan bahwa pemuda akan selalu berupaya berada di garda terdepan dalam membentengi negara dengan seluruh jiwa dan raga. Sedangkan NU merupakan jantung dari bangsa ini.
"Salahsatu bukti PAC GP Ansor Jangkar untuk menghormati dan menghargai jasa para pahlawan bangsa dan para Muassis NU yang telah mendahului kita yakni melaksanakan upacara pengibaran bendera pusaka merah putih di puncak dataran tinggi wilayah Desa Sopet", Tegas Miftah dengan nada ber api-api.

Roz

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama