Potret Bidan Di Wilayah Pegunungan, Kado Refleksi Kemerdekaan Di HUT RI Ke 76.

Giat kunjungan dan pelayanan terhadap masyarakat bersama Kader Posyandu
Probolinggo, (himmahkpi.com) - Bulan Agustus tahun 2021 sebagai bulan kemerdekaan dan kini Indonesia resmi memasuki 76 tahun masa ksemerdekaannya. pada tahun sebelumnya kemerdekaan dimeriahkan dengan berbagai acara dan perlombaan, sedangkan pada tahun ini untuk meminimalisir penyebaran wabah covid-19  maka dikeluarkan surat edaran mendagri sebagai langkah preventif dengan tidak boleh ada kerumunan dan sejenisnya, karena itu seolah-olah perayaan 76 tahun kemerdekaan Indonesia terasa hambar tanpa semangat masyarakat menggelar kegiatan maupun perayaan disebabkan pandemi wabah covid-19.

Ditengah bulan kemerdekaan dan pandemi wabah covid-19, Semestinya perlu mengintip lebih jauh lagi beberapa orang maupun personal yang kesehariannya berprofesi untuk melayani masyarakat, salahsatunya sosok tenaga kesehatan diwilayah terpencil dan pelosok, berikut suatu potret semangat kemerdekaan Indonesia saat Pandemi. Salah satunya adalah Fijriah Oktavia Irsadi (30), Bidan Fifi panggilan familiarnya, ia seorang Tenaga Kesehatan yang mengemban tugas profesinya di Desa Sapih Kabupeten Probolinggo.

Sekilas tentang Desa Sapih yang terletak di Kebupaten Probolinggo merupakan salahsatu daerah tertinggi di Probolinggo karena memiliki ketinggian 2.533 mdpl diatas Gunung Bromo, dengan perjalanan yang terjal dan penuh bebatuan (makadam). Namun tidak menyulutkan semangat Bidan Fifi ini untuk terus melayani masyarakat di berbagai dusun yang medannya cukup sulit nan jauh bahkan untuk sampai di satu dusun ke dusun lainnya membutuh waktu -/+ 1 jam harus melewati jalan bebatuan dan penuh kewaspadaan. Terlebih di masa pandemi dewasa ini, ditengah banyaknya warga yang sakit tentu membutuhkan ekstra kerja keras demi melayani semua warga di Desa Sapih (5 dusun). Dan yang lebih menggambarkan semangatnya, ternyata Bidan Fifi merupakan satu-satunya tenaga kesehatan (Nakes) yang menempati Poli Klinik Desa Sapih.

Foto: Giat Posyandu di Dusun Tersono Desa Sapih Probolinggo

“Di Poli Klinik Desa ini saya sendiri tidak didampingi beberapa tenaga kesehatan, dan saya harus rela meluangkan waktu untuk keluarga besar. Apalagi dimasa Pandemi ini masyarakat lebih butuh ektra kehadiran dan pelayanan kesehatan”, Terang fifi kepada media himmahkpi.com

Disamping itu Bidan Fifi merasa ada nilai tersendiri atas semangat dannkerja kerasnya di masa pandemi, melayani masyarakat dan rela meluangkan waktu untuk keluarga mampu terbayar dengan kehadiran masyarakat Desa Sapih yang sangat ramah, baik dan tampak dengan rasa kekeluargaan.

"Kami merasa bangga bisa melayani masyarakat desa sapih, meski harus sendiri di poli klinik desa dan terkadang harus ngojek ketika melayani warga, bahkan harus merelakan jauh dari suami, anak dan keluarga besar saya, InsyaALLAH dimanapun ada kebanggaan tersendiri dapat menebar manfaat, Semoga di Bulan kemerdekaan NKRI ke 76 ini menjadi refleksi bersama untuk saling memberi motivasi dalam membantu sesama". Harap bidan fifi di HUT RI Ke 76


Penulis

Faisal/Roz

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama