PC JQHNU SITUBONDO Menyambut HSN 2021, Selenggarakan MTQ Bagi Pelajar MI, MTS dan MA Sederajat

Suasana Lomba MTQ Tingkat SMP/MTs oleh PC JQHNU Situbondo yang digelar di Gedung SDI Nurul Ansar

Situbondo, (himmahkpi.com) - Sebagai langkah menyambut Hari Santri Nasional (HSN) 2021 sekaligus memperingati Maulid Nabi Muhammad S.A.W, Maka Pengurus Cabang Jam'iyatul Qurra' Wal Huffadz (PC JQHNU) SITUBONDO selenggarakan kegiatan (Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) bagi pelajar di lembaga pendidikan MI, MTs HINGGA MA Sederajad.(Minggu, 17/10)

Terkait Lomba kali ini terdiri dari berbagai tingkatan lomba yakni MTQ tingkat MI/SD, MTS/SMP, MA/SMA dan sederajat. Sedangkan kegiatan dimaksud merupakan rangkaian kegiatan PCNU Kabupaten Situbondo dalam menyambut hari santri Nasional Tahun 2021.

Pasalnya Perlombaan ini dilaksanakan di empat titik lokasi diantaranya pertama Lomba murottal yang bertempat di aula PCNU, Kedua TILAWAH di aula lantai dua. Ketiga berlokasi di masjid Nurul Ansor dan keempat ditempatkan digedung lantai 2 SD Islam Nurul Ansor.

Ghufron Jayadi selaku koordinator Bidang Tilawah PC JQHNU menyampaikan Kegiatan lomba MTQ ini sebagai wadah peningkatan kualitas dan evaluasi kepada peserta Didik yang secara istiqamah dan rutin mengikuti kegiatan tahsinul Qiroah yang bertempat di aula PCNU setiap minggunya, mereka delegasi dari berbagai pondok pesantren yang ada di Situbondo. Ujarnya

Dokumentasi MTQ Tingkat SD/MI Oleh PC JQHNU Situbondo yang bertempat di AULA PCNU Kabupaten Situbondo

Disamping itu Ketua PC JQHNU Zainuddin Adnan menegaskan tentang pelaksanaan MTQ sebagai bentuk tindaklanjut dan evaluasi dari kegiatan rutinitas setiap Minggu yang bertempat di aula PCNU. Yang bertujuan menggali potensi yang ada dalam diri peserta didik sehingga melahirkan generasi Qur'ani. Serta menguji sejauh mana para peserta menyerap ilmu yang didapatkan dan menampilkan performa terbaiknya di depan dewan juri yang sudah di ikrar oleh pengurus PC JQH NU SITUBONDO. Pungkas kepada himmahkpi.com

Lebih lanjut Zainuddin Adnan menambahkan kegiatan MTQ ini untuk mencari generasi dibidang Al-Qur'an dari tingkat MI/SD hingga SMA sederajat dan seluruh pondok pesantren di daerah Situbondo. Selain itu sebagai upaya memberikan stimulus bagi masyarakat Situbondo untuk lebih cinta dan gemar membaca Al Qur'an. Dan dapat dijadikan syi'ar kepada ummat khususnya masyarakat Situbondo. Tambahnya

Ditempat yang sama Sucipto selaku orang tua dari peserta MTQ tingkat SD/MI mengaku bangga bahwa dengan adanya kegiatan MTQ ini sangat bagus sebagai motivasi kepada anak dan menguji kemampuan dan mentalnya. Karena hampir jarang sekali ada Lomba MTQ seperti ini. Pungkasnya.

Hal yang sama juga disampaikan Ibu ghofiroh pendamping peserta MTQ mengatakan kegiatan MTQ seperti ini sangat Bagus. Saya bersyukur dan apresiasi kegiatan MTQ ini, Sebab selain bentuk pembelajaran juga penguatan mental bahkan menjadi lebih berani pada saat tampil dan juga meningkatkan kecintaan kepada Al-Qur'an.

Selanjutnya berdasarkan data dan informasi yang disampaikan kepada media himmahkpi.com Pagelaran lomba semacam ini tak hanya sebagai tindak lanjut dan evaluasi semata melainkan sebagai inspirasi dan motivasi bagi pelajar generasi muda NU yang menanamkan pondasi sejak dini agar lebih cinta dan gemar membaca Al Qur'an. Sehingga diharapkan menjadi media syiar untuk umat Islam. Khususnya bagi warga Situbondo dan Negara Indonesia pada umumnya.


Miftah/Roz

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama