Akibat Sepinya Opang, Bapak Separuh Baya Lebih Memilih Berjualan Keliling



Dokumentasi Saat Mewawancari Bapak Zainal Asal Jember Penjual Jeruk Keliling. 


SITUBONDO, lensakomunikasi.com Di Pinggir Jalan Tembus Situbondo seorang penjual yang berpengalaman di beberapa bidang pekerjaan. Seperti Bapak Zainal Abidin yang berawal dari bekerja sebagai ojek pangkalan menjadi tukang penjual jeruk keliling. Awalnya ia bekerja sebagai ojek pangkalan sejak tahun 1991 di kota Jember, Rabu (23/02/2022). 

Pak Zainal mengatakan "mengojek dengan berjualan lebih enak berjualan" dikarenakan dari terlalu banyak kendaraan menyebabkan kurangnya penumpang, ditambah lagi ada Go-Jek dan ojek online. Ia belajar berjualan pada tahun 2015 di Jember dan juga di Bondowoso masuk ke Situbondo sudah 4 tahun lamanya tetapi pada saat ini sudah beralih penjualan kalau dulu memakai jeruk manis dan sekarang hanya memakai jeruk kecut saja.

Penghasilan setiap harinya menurut pak Zainal tidak tentu tapi yang jelas untuk ekonomi cukup untuk kebutuhan keluarga. Perkilonya, pak Zainal menjual jeruk tersebut seharga lima ribu rupiah meskipun perkilonya hanya seharga lima ribu rupiah tetapi tetap ada hasil bagi pak Zainal.

Pak Zainal juga mengatakan" jika jualannya sudah habis Alhamdulillah bisa membeli  bensin, membeli makanan, dan membeli rokok" hasil dari jualan tersebut di ambil sendiri oleh pak Zainal karena sudah kulaan dari pasar langsung dijual sendiri. Beda lagi dengan berjualan yang terkait dengan bos atau perusahaan. Terakhir kunjungan pak Zainal jam satu siang di bakso solo bang Ardi Panarukan. Ketika sudah selesai kunjungan  pak Zainal langsung pulang ke Jember.

Pak Zainal mempunyai keinginan untuk membuat toko karena menurut pa Zainal Jiak sudah mempunyai sebuah toko maka bisa banyak barang yang akan dijual seperti halnya buah-buahan yang lain akan tetapi ia tidak mempunyai modal sedikitpun. Disekitar Situbondo sudah lumayan banyak yang mengenali pak Zainal apalagi bagi bakul-bakul rata-rata semuanya sudah mengenali pak Zainal. Ia sudah mempunyai banyak langganan di daerah Situbondo sampai mempunyai sebutan yang spesial yaitu PAK ZAINAL JERUK.



Sofiatun

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama