Demi Kebutuhan Hidup Laki-Laki 48 Tahun Menjala Setiap Hari

Gambar Pada Saat Bapak Tutun Bekerja


SITUBONDO, Lensa komunikasi.com Tutun Warga Landangan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo. Mencari ikan di pinggir laut Rabu (09/03/2022). Hal itu dilakukan untuk mencukupi kebutuhan hidupnya.


Bapak 48 tahun itu bekerja sendirian setiap hari dengan menggunakan jaring, dengan jaring itulah bapak itu bisa mendapatkan ikan setiap hari jumlahnya sebanyak 3 kg.


Tutun menyampaikan ia bekerja sudah sekian lama, dari sebelum menikah sampai berkeluarga dan mengadopsi anak yang saat ini sudah menginjak kelas IX SMP, bapak 48 tahun itu saat ini hanya tinggal bersama anak yang ia adopsi. Pekerjaan mencari ikan di pinggir laut itu berbeda dengan nelayan yang pergi mencari ikan ketengah laut yang harus menyetorkan hasil yang diperoleh kepada bosnya tetapi bapak itu Hasil yang ia peroleh langsung diambil sendiri karena tidak mempunyai bos.


Ikan yang diperoleh tidak langsung dijual tetapi di jemur dan diberi garam terlebih dahulu, ketika sudah kering barulah Tutun menjual ke desanya, ikan yang sering di tangkap yaitu ikan layur Ikan yang lain hanya terselip satu persatu. "Untuk penghasilan saya, tergantung ikan yang saya dapat dan jika tidak ada pembeli ikannya saya masak sendiri" ujarnya


Kata Tutun kesulitan yang dialami ketika mencari ikan yaitu di waktu musim kemarau karena pada musim itu ikan tidak mendarat istilahnya ikan itu tidak kepinggir laut hanya di tengah laut saja. Cara mencari ikan di pinggir laut menggunakan jaring yang tidak harus diberi umpan sebagaimana pemancing yang harus ada umpan untuk bisa mendapatkan ikan. "Mencari ikan agar dapat hasil yang banyak itu tergantung orangnya". Jelas bapak 48 tahun itu




Sofiatun


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama