Demi Menyambung Hidup, Seorang Nenek Rela Mencari Rumput Tiap Hari


Dokumentasi Saat Mewawancarai Nenek Sami

SITUBONDO, Lensa komunikasi.com sami 65 tahun, Warga Desa Langsat, Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo. Meski usianya sudah tua, Sami tetap semangat dalam menjalani kehidupan. Tidak tanggung, beban yang dikerjakan setiap hari selain merawat suaminya yang sakit sakitan. Perempuan 65 tahun tersebut harus mencari rumput setiap hari.


Sami Mengatakan, mencari rumput, untuk memberi makan sapi ternaknya bukan baru dilakukan di masa tuanya. Tetapi sudah sejak dirinya masih perawan. 

"Saya cari rumput sebelum saya memiliki suami," ungkap Nenek Sami, pada wartawan, Jumat (4/3).

Kata Nenek Sami, di usianya yang sudah tua renta, harus mencari rumput setiap hari dan harus Neil ke perbukitan yang cukup tinggi. Sebab suaminya sedang sakit.

"Semangat yang cari rumput, saya sendirian. Suami saya sakit," imbuhnya.

Sapi milik Nenek itu, ada dua ekor/atau satu pasang. Dengan peliharaan sapi itulah, nenek dan suaminya bisa bertahan hidup. Setiap ada kebutuhan yang besar, penghasilan yang didapat adalah menjual induk sapi.

"Kalau bukan ngopeni sapi, orang seperti saya mau dapat penghasilan dari mana. Apalagi suaminya sedang sakit," terangnya.

Supandi anak sami mengakui, kalau ibunya itu memang semangat. Padahal sudah sering dicegah, agar tidak banyak bekerja. Tetapi ibunya tetap saja mencari rumput.

"Saya sudah larang ibu , agar tidak kerja. Tapi namanya orang tua, sulit di omongin," pungkas Supandi. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama